Kamis, 27 Maret 2014 - 16:22:34 WIB
FGD Sinkronisasi Penggunaan AKG Hasil Rekomendasi WNPG X
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 311523 kali

21-22 Maret 2013, Dewan Ketahanan Pangan (DKP) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinkronisasi Penggunaan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) Hasil Rekomendasi Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) X Tahun 2012 Untuk Penghitungan Indikator Kinerja Ketahanan Pangan.” FGD tersebut diselenggarakan di Hotel Mirah Bogor dengan menghadirkan narasumber (1) Prof. Hardinsyah dari IPB, (2) Deputi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bidang SDM dan Lingkungan, (3) Direktur Kesejahteraan Rakyat (BPS), dan (4) Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan. Hadir pula dalam FGD tersebut Kepala Badan Ketahanan Pangan selaku Sekretaris DKP, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BKP, serta Kelompok Kerja (Pokja) Ahli DKP.

Disampaikan oleh Kepala BKP/Sekretaris DKP Prof. Achmad Suryana dalam sambutannya bahwa beberapa hal perlu dibahas secara komperhensif yaitu mengenai (1) Hasil Rekomendasi WNPG X mengenai standar kecukupan konsumsi gizi yaitu Angka Kecukupan Energi (AKE) dan Angka Kecukupan Protein (AKP) sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia, dan (2) Implikasi AKG terhadap indikator kinerja pembangunan ketahanan pangan, khususnya mengenai Angka Kemiskinan, Angka Rawan Pangan, dan Skor Pola Pangan Harapan (PPH).

Melalui FGD tersebut telah ditetapkan komposisi kelompok pangan dalam penghitungan PPH yang telah disesuaikan dengan AKG untuk menentukan angka sasaran pemantapan ketahanan pangan untuk AKE, AKP, dan PPH pada dokumen perencanaan tahun 2015–2019. Demikian hasil/rumusan FGD Sinkronisasi Penggunaan AKG Hasil Rekomendasi WNPG X Untuk Penghitungan Indikator Kinerja Ketahanan Pangan.



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)