Selasa, 30 Desember 2014 - 13:47:50 WIB
Penyerahan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2014
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 14663 kali

Presiden Joko Widodo berfoto bersama Gubernur penerima Penghargaan APN 2014

 

Subang, 26 Desember 2014 – Presiden Joko Widodo menyerahkan Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kepada figur-figur yang telah berprestasi dalam pembangunan ketahanan pangan nasional. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat tani dan aparatur yang telah bekerja keras dan berkontribusi nyata dalam upaya mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan.

Penghargaan APN yang dikoordinasikan oleh Dewan Ketahanan Pangan ini merupakan penghargaan bergengsi, karena untuk memperolehnya melalui proses panjang mulai dari verifikasi ditingkat kabupaten, provinsi, sampai ke tingkat nasional. Tim verifikasi melibatkan Tim Independen dari berbagai profesi seperti akademisi, aparatur pemerintah, profesional, organisasi masyarakat, dan pemerhati ketahanan pangan.

Penerima Penghargaan APN Tahun 2014 sebanyak 94 orang, yang terdiri dari 5 kategori, yaitu:

  1. Pelopor Ketahanan pangan sebanyak 5 penerima dengan kriteria (bukan PNS atau tokoh organisasi formal) dan atau kelompok masyarakat yang merintis pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan atau sumber daya sosial di wilayahnya dalam mewujudkan kemandirian pangan. 
  2. Pemangku Ketahanan pangan sebanyak 5 penerima, yaitu tokoh masyarakat (bukan pejabat pemerintah) yang mempunyai pengaruh besar dan berhasil menggerakkan masyarakat di wilayahnya untuk mewujudkan kedaulatan, kemandirian, dan ketahanan pangan.
  3. Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan sebanyak 42 penerima, terdiri dari: 14 kelompok/gabungan kelomppk produksi pangan; 13 kelompok/gabungan kelompok pemberdayaan masyarakat; dan 15 kelompok. Lembaga dan atau perusahaan industri pengolahan dan perakitan teknologi pengolahan pangan.
  4. Pelayanan Ketahanan Pangan, sebanyak 14 penerima terdiri dari: 5 orang penyuluh/pendamping; 6 orang pengawas/medic veteriner dan pengendali organisme pengganggu tanaman; serta 3 orang peneliti.
  5. Pembina Ketahanan Pangan sebanyak 28 penerima terdiri dari: 8 Gubernur; 8 Bupati, 2 Walikota dan 10 Kepala Desa yang berhasil menggerakkan perangkat daerah dan masyarakat dalam mengurangi kemiskinan, kerawanan pangan, gizi buruk, dan meningkatkan produksi pangan serta mempercepat diversifikasi pangan dalam mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.

Selain kategori di atas, tahun ini juga diberikan Penghargaan Khusus berupa Pin Emas, kepada 4 Gubernur yang telah menerima penghargaan APN tiga tahun berturut-turut, yaitu Gubernur Sulawesi Selatan; Gubernur Jawa Barat; Gubernur Nusa Tenggara barat dan Gubernur Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan sekaligus mengundang para penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara untuk hadir di Istana Negara pada bulan Januari 2015. Presiden berharap melalui pemberian Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara ini dapat memotivasi masyarakat untuk dapat bersama-sama dengan pemerintah mewujudkan ketahanan pangan nasional yang mandiri dan berdaulat. Melalui pembangunan ketahanan pangan nasional yang baik maka akan dihasilkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

Download daftar penerima Penghargaan APN Tahun 2014



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)