Senin, 30 Mei 2016 - 09:02:23 WIB
Sireg DKP Kab/Kota Wilayah Tengah Tahun 2016
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 2079 kali

Sidang Regonal Dewan Ketahanan Pangan (Sireg DKP) Kabupaten/Kota Wilayah Tengah Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 25-27 Mei 2016 di hotel Arya Duta Palembang - Sumatera Selatan, dengan tema Sinergitas Program Pangan dan Gizi menuju Kedaulatan Pangan Nasional. Sireg DKP ini dibuka oleh Menteri Pertanian RI selaku Ketua Harian DKP yang diwakili oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) selaku Sekretaris DKP. Dalam acara pembukaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan hadir memberikan sambutan mewakili Gubernur Sumatera Selatan selaku Ketua DKP Provinsi Sumatera Selatan.

Sireg DKP Tengah dihadiri oleh Ketua DKP Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Wakil Walikota, Sekda, dan Asisten Sekretaris Daerah) dari wilayah Jawa dan Kalimantan. Sireg ini juga dihadiri oleh Kepala BKP Provinsi dan Kabupaten/Kota selaku Sekretaris DKP Provinsi dan Kabupaten/Kota dari wilayah Jawa dan Sumatera serta Kelompok Kerja (Pokja) DKP. Pimpinan Sireg DKP ini adalah:   dr. Budhi Setiawan (Wakil Bupati Banyumas, Jawa Tengah) selaku Ketua, Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. (Wakil Bupati Purbalingga) selaku Wakil Ketua, dan Ir. Anggraito, MM. (Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kalimantan Barat) sebagai Sekretaris Sidang.

Sireg ini juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu Deputi Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas dengan materi SDGs (Sustainable Development Goals), Prof. Endang L. Achadi dari Universitas Indonesia dengan materi Kebijakan Strategis dan Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (KSRAN-PG), Sekretaris BKP Kementan dengan materi Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2016, dan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementan dengan materi Pengembangan Usaha Masyarakat (PUPM) melalui Toko Tani Indonesisa (TTI). Disamping itu, hadir pula empat Bupati dari Bojonegoro, Tulungagung, Sanggau, dan Kulon Progo untuk berbagi kisah tentang jalan kesuksesan dalam pembangunan pangan dan gizi di wilayahnya.

Dalam dinamikanya, Sireg DKP Tengah menghasilkan beberapa komitmen yang telah dirumuskan dalam bentuk Rumusan Kesepakatan Ketua DKP Kabupaten/Kota Wilayah Jawa dan Kalimantan, yang antara lain berisi tentang upaya peningkatan produksi pangan, stabilisasi pasokan dan harga pangan, pemenuhan pangan dan perbaikan gizi masyarakat, serta peningkatan peran kelembagaan pangan dan gizi.

Sebelumnya, Sireg DKP Barat (Sumatera dan sekitarnya) telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Mei 2016 di Surabaya – Jawa Timur. Selanjutnya, Sireg DKP Timur (Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Bali) akan dilaksanakan pada tanggal 3-5 Agustus 2016 di Pontianak – Kalimantan Barat bersamaan dengan pameran Gelar Pangan Nusantara Tahun 2016. Link download



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)