Selasa, 29 November 2016 - 23:59:05 WIB
DKP Memberikan Penghargaan APN Kepada 73 Penerima
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 15200 kali

Adhikarya Pangan Nusantara (APN) merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh negara kepada setiap orang atau kelompok yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam pembangunan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan nasional. Penghargaan ini diberikan setiap tahun oleh Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Istana Negara – Jakarta sehingga penghargaan ini memiliki prestise tinggi terhadap peningkatan rasa percaya diri para penerimanya.

Tahun 2016 ini, Penghargaan APN diberikan kepada 73 penerima yang terdiri dari 5 kategori yaitu Pembina (Gubernur, Bupati/Walikota, dan Kepala Desa/Lurah), Pelopor, Pemangku, Pelayanan (Peneliti, Penyuluh, dan Pengawas), dan Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan (Produksi, Pemberdayaan, dan Industri) sesuai dengan hasil seleksi baik secara langsung maupun berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional melalui wadah DKP di setiap tingkatan.

Salah satu penerima Penghargaan APN Tahun 2016 yaitu UKM Dua Putra, dari Kabupaten Jombang – Provinsi Jawa Timur. UKM Dua Putra mengembangkan pangan pokok sumber karbohidrat non beras dan non terigu berbahan baku lokal, yaitu ampok. Ampok merupakan makanan khas asal Jawa yang terbuat dari jagung. Secara tradisional, sebelum disajikan ampok terlebih dahulu harus dikukus, sama seperti nasi. Namun melalui inovasi teknologi yang dikembangkan oleh UKM Dua Putra, kini ampok bisa disajikan secara instan, yaitu cukup diguyur dengan menggunakan air panas. UKM Dua Putra berhasil mengembangkan alat mekanisasi pengolahan ampok sehingga dapat diproduksi secara efisien. Ampok Jagung “So Pyur” dari UKM Dua Putra juga sudah memenuhi kelengkapan mutu dan keamanan produk olahan pangan lokal sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun bagi masyarakat berkebutuhan khusus.

Selanjutnya, pasca pemberian penghargaan oleh Presiden RI tanggal 30 November 2016 besok, Kepala badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mengharapkan agar para penerima Penghargaan APN dapat memberikan kontribusi lebih luas lagi sehingga dapat memberikan dampak signifikan bagi pembangunan, perekonomian nasional, serta inspirasi bagi khalayak luas dalam penguatan ketahanan pangan dan gizi mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Profil Ringkas Penerima Penghargaan APN Tahun 2016



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)